Mitos Ikan Pari Di Indonesia

Mitos Ikan Pari Di Indonesia

Negeri +62 memang masih mempercayai beberapa mitos yang ditinggalkan oleh para leluhur. Mitos-mitos ini berkembang seiring dengan kejadian-kejadian yang ada di suatu daerah. Mitos yang paling terkenal adalah malin kundang. Dimana diceritakan ada seorang anak yang melawan ibunya dan dikutuk menjadi batu.

Pada beberapa tahun lalu muncul sebuah berita bahwa telah ditemukan ikan pari yang mirip dengan manusia. Dipercayai itu adalah kutukan sama seperti yang dilakukan pada kisah malin kundang.

Namun faktanya itu adalah hoax. Tidak ada kisah seperti itu. Tolong jadi manusia masuk akal! Bentuknya yang lebar dan tipis terlihat seperti layang-layang di tengah lautan. Serupa dengan layang-layang, umumnya ikan pari yang tinggal di perairan dangkal tidak berenang dan terkadang hanya mengikuti arus pasang naiknya air laut. Namun ketika berenang, ikan pari mengepak dan membentuk sayapnya seperti gelombang.

Ikan pari berada dalam satu famili dengan ikan hiu, yaitu condrichthyes. Para ahli menemukan bahwa ikan pari sudah ada sejak 150 juta tahun yang lalu. Sama seperti ikan hiu, ikan pari juga memiliki sensor listrik yang dinamakan ampullae of lorenzini. Sensor listrik tersebut berada di sekitar mulutnya yang bisa merasakan getaran sensor alami dari tubuh mangsanya.

Ikan pari juga memiliki gigi dan rahang yang kuat dan saking kuatnya sampai bisa menghancurkan kulit kerang. Ikan pari biasanya memakan hewan laut kecil seperti ikan-ikan kecil, udang, dan kerang.

Ikan pari tidak suka menyerang hewan laut lainnya karena mereka berenang dengan damai di lautan. Namun, apabila ikan pari merasa terancam, mereka memiliki senjata sebagai bentuk mempertahankan diri dari musuhnya, yakni racun mematikan yang terletak pada bagian ekor panjangnya. Walaupun ikan pari telah mati, racunnya tidak akan hilang.

Ikan pari biasanya hidup di laut dangkal. Jika ada predator yang akan memangsanya, ikan pari akan mengubur diri ke dalam pasir laut sehingga hewan laut kecil tertipu dan tidak menyadari keberadaan ikan pari. Jadi, ikan pari bisa menyantap hewan laut kecil saat bersembunyi dari pemangsa.

Akhir-akhir ini pun, ikan pari sedang viral di media sosial melalui video yang menampilkan ikan pari terlihat geli saat disentuh sampai tersenyum lebar. Tahukah kamu? Sebenarnya hal tersebut adalah salah satu cara membunuh ikan pari untuk dijadikan hidangan makanan yang lezat, lho.

Leave a Comment

Your email address will not be published.