Kecoa, Si Musuh Sejuta Umat

Kecoak, mendengar namanya saja sudah merinding geli. Kecoa termasuk salah satu dari sedikit hewan purba yang mampu bertahan dengan berbagai seleksi alam yang membawa kepunahan, hewan ini telah berevolusi berkali-kali sehingga makin tangguh dan susah dibasmi.

Hingga saat ini, kecoak telah tersebar kurang lebih menjadi 3.500 spesies di muka bumi. Tidak hanya hidup di alam liar, tapi mereka juga mampu hidup berdampingan di pemukiman manusia.
Hidup di sekitar manusia dengan sumber daya makanan yang tak terbatas, membuat populasinya terus meningkat hingga menjadi spesies hama di pemukiman manusia.

Sebanyak 25-30 spesies kecoa telah menjadi hama bagi manusia dan 4 spesies merupakan hama pemukiman yang sangat mendominasi secara global. Spesies kecoa hama tersebut adalah Supella longipalpa (kecoa bergaris coklat), Periplaneta americana (kecoa amerika), Blatta orientalis (kecoak asia) dan Blattella germanica (kecoa jerman).

Di Indonesia, kecoak jenis Blattella germanica dan Periplaneta americana tersebar mendominasi di pemukiman masyarakat. Kedua jenis kecoa ini juga tersebar dengan mudah ke seluruh dunia dengan menyelip di barang-barang yang dibawa oleh kapal yang berlayar antar pulau dan benua.

Kecoa amerika mampu terbang menggunakan sayapnya untuk menghindar dari bahaya predator atau semprotan insektisida, tapi sebagian besar mereka menyelamatkan diri dengan cara menyelinap di celah-celah sempit.

Kecoa memiliki cara untuk melindungi dirinya yaitu dengan terbang ke arah manusia seolah membuat manusia takut dan kemudian lari.

Kecoa dapat hidup selama 6 bulan. Setelah itu ia akan bertelur dan menghasilkan kembali telur-telur yang akan berubah menjadi kecoa. Jika kamu termasuk orang yang jijik dan ingin membasmi kecoa, sebaiknya kamu mengikuti cara ini :
1. Jaga kebersihan rumah kamu
2. Jangan suka menumpuk sampah makanan
3. Membasmi menggunakan cairan khusus serangga

Itulah tadi sedikit fakta mengenai serangga yang menjadi musuh jutaan umat manusia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.