Burung Terindah Di Alam Semesta

Burung memang menjadi salah satu hewan yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecintanya. Bahkan sampai ada pameran yang digelar untuk menampilkan keindahan burung-burung tersebut.

Di Indonesia sendiri, burung dijadikan bahan untuk berjudi. Selain berjudi, burung-burung yang ada di alam juga ikut diburu sehingga mengancam beberapa keberadaannya. Sebut saja seperti burung Cendrawasih, yang kian hari makin sedikit populasinya.

Berbicara soal burung, apakah kamu tahu apa saja burung-burung terindah di alam semesta? Jika kamu sering menonton national geography atau discovery channel maka kamu akan mendapat banyak informasi mengenai burung dan juga hewan-hewan lainnya

Berikut kami rangkum jenis-jenis burung terindah di alam semesta.
1. Burung merak (Pavo muticus)

Merak adalah tiga spesies burung dalam genus Pavo dan Afropavo dari familia ayam hutan, Phasianidae. Burung jantannya memiliki bulu ekor yang indah yang dapat dikembangkan untuk menarik perhatian merak betina.

Burung khas Indonesia ini memiliki ekor mengembang yang sangat menakjubkan. Ekor indah ini biasanya dimiliki para pejantan untuk menarik perhatian betinanya. Dengan warna dan corak yang khas, merak bisa dengan mudah dinobatkan sebagai salah satu burung tercantik di dunia

2. Burung Cendrawasih

Burung ini memiliki nama lain yaitu Birds Of Paradise. Karena burung ini sangat indah dilihat dari bulu-bulunya. Burung cendrawasih atau Paradisaeidae dari ordo Passeriformes, merupakan burung yang dapat ditemukan di Indonesia bagian Timur Papua, Papua New Guinea, pulau-pulau selat Torres, dan Australia timur. Selama ini burung cendrawasih yang dikenal masyarakat hanya satu nama saja

3. Burung Flamingo

Flamingo adalah spesies burung berkaki panjang yang hidup berkelompok. Kata flamingo berasal dari kata Spanyol ‘flamengo’, bentuk awal dari ‘flamenco’. Kata-kata ini berasal dari kata Latin flamma, yang berarti ‘api’. Mereka berasal dari genus

Flamingo memiliki warna khasnya sendiri yaitu berwarna pink. Jika flamingo memakan makanan yang kaya akan pigmen karotenoid, maka warnanya akan menjadi pink yang sangat cerah. Ketergantungan pada makanan inilah hal yang menyebabkan flamingo memiliki warna pink yang beragam.

4. Burung Quetzal

Quetzal adalah burung dari jenis trogon (luntur-lunturan) yang hidup di hutan hujan pegunungan Amerika Tengah. Burung ini memiliki warna dan struktur bulu yang sangat indah sehingga dikenal sebagai salah satu burung paling cantik di dunia. Bulunya merupakan perpaduan antara warna hijau, biru, dan merah mengkilap yang sangat cantik dipandang mata.

Mereka merupakan burung pemakan buah kecil, serangga, dan hewan kecil macam kadal dan katak. Menjelang kawin, quetzal akan membangun sarang berupa lubang di pohon yang digunakan betina untuk bertelur. Quetzal betina akan bertelur dua hingga tiga butir telur yang dan dierami selama beberapa minggu. Anak-anak quetzal dapat terbang setelah berumur 3 minggu.

5. Scarlet Macaw

Burung ini termasuk dalam keluarga macaw yang terindah dan terbesar diantara burung-burung lainnya. Jika anda melihat burung ini pasti anda akan langsung dibuat jatuh hati pada burung ini. Burung ini memiliki warna yang terang sehingga mudah dikenali.

Scarlet macaw dewasa memiliki panjang antara 80-90 cm dengan bobot mencapai 1,5 kg. Mereka adalah penerbang yang sangat baik dan dapat mencapai kecepatan 35 mph. Selain indah dan kemampuan terbangnya yang memukau, burung ini juga berumur panjang. Mereka bisa hidup sekitar 40 sampai 50 tahun. Bahkan, dalam penangkaran mereka bisa hidup sampai 75 tahun.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *