Burung Surga, Jangan Punah Ya!

Cenderawasih, itulah nama salah satu burung tercantik di dunia. Yang kian hari terancam punah. Burung Cenderawasih merupakan salah satu bentuk kekayaan sumber daya alam yang dimiliki rakyat Indonesia.

Dijuluki sebagai Burung dari Surga, atau Bird of Paradise, burung Cenderawasih ini digunakan oleh rakyat Papua sebagai maskot kebanggaan mereka.
Dengan keindahan bulu yang dimilikinya, burung ini diburu secara liar untuk diperjual belikan kepada orang-orang daerah selain Papua. Ini menyebabkan keberadaan burung Cenderawasih menjadi langka, bahkan terancam punah.

Penyebab Burung Cenderawasih Terancam Punah

1. Perburuan secara Liar

Perburuan liar adalah pengambilan hewan atau tumbuhan secara ilegal dan bertentangan dengan peraturan konservasi. Perburuan liar biasanya dilakukan untuk mengambil keuntungan pribadi dan mengakibatkan kerugian bagi lingkungan. Burung Cenderawasih diburu karena banyaknya orang yang tertarik dengan keindahan bulunya.

2. Perkembangbiakan Lambat

Burung Cenderawasih termasuk hewan yang mengalami perkembangbiakan lambat.
Hewan ini hanya memiliki masa kawin setiap satu kali dalam setahun.

Sedangkan telur yang dihasilkan setelah mengalami masa kawin berjumlah dua atau tiga butir.
Perkembangbiakan lambat dapat menjadi penyebab burung Cenderawasih terancam punah.
Sebab, antara perburuan liar dan jumlah burung Cenderawasih yang berada di alam tidak seimbang.
Dengan ini, burung Cenderawasih termasuk hewan langka yang perlu dilindungi.

Perlindungan terhadap hewan ini lebih aman untuk menjaga keberadaan, populasi, hingga pertumbuhan dan perkembangbiakannya. Dengan melihat fakta bahwa burung ini terancam punah, maka kita lah yang harus bertanggung jawab untuk melindungi habitatnya. Agar anak cucu kita sempat melihat burung cantik dari surga ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *